English French German Spain Italian Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Saturday, March 3, 2012

MENAMBAHKAN SCORE DAN HALAMAN HIGHSCORE SEDERHANA PADA GAME MAKER

GAME  MAKER  8.0 TUTORIAL

MENAMBAHKAN SCORE DAN HALAMAN HIGHSCORE SEDERHANA

By redho f.p(virtuastudios)

Score, yap ini memang terdengar sepele namun tahu kah kamu, system ini adalah yang membuat kita ingin mengulang lagi game yang kita mainkan, biasa disebut replay value, sehingga suatu game tidak langsung ditinggalkan meski sudah ditamatkan,
Memang pada zaman sekarang ini, ada banyak sekali system yang membuat replay value itu menjadi lebih tinggi, seperti bonus charcter pada game fighting, atau story tambahan, dan lainnya, namun jauh dahulu pada zaman ketika generasi awal game dibuat, score adalah satu satunya yang membuat orang mau untuk mengulang game tersebut, dan system ini awet sampai sekarang yang bisa kita temui diberbagai game modern saat ini, terutama di arcade, namun tentunya dengan berbagai variasi, bahkan score sekarang bisa digunakan untuk membuat daya tarik sebuah game tersebut,  seperti untuk membeli power ups atau upgrade pada beberapa game dengan score yang kita kumpulkan.
System score dan highscore ini sendiri pada awalnya ditemukan pada generasi awal game space invaders, yap, game tembak tembakan alien tersebut merupakan game pertama yang memakai sistem score dan highscore dengan menambahkan tiga insial huruf untuk menandakan pada sistem highscore, nah maka dari itu saya membuat tutorial ini agar bagi kita yang masih bingung membuat dan menambahkan sistem tersebut dalam game yang kita buat dengan game maker….
1.    Pertama buka salah satu project kita, dalam hal ini buka project bounce sederhana yang pernah kita buat sebelumnya.
2.    Tambahkan satu jenis font, seperti yang terlihat dibawah ini, dalam hal ini saya menggunakan arial dengan size 12 yang menjadi default disystem game maker, nah yang saya lingkari merah merupakan berbagai jenis jarak antar huruf yang akan kita pakai pada game kita, saya akan menjelaskannya satu persatu, NORMAL : merupakan jarak standard, ALL : merupakan range untuk berbagai jenis dengan batas maksimal sistem, DIGITS : biasanya digunakan hanya untuk keperluan angka, salh satunya score,  LETTERS : digunakan dengan font yang berhubungan hanya dengan huruf.  

3.    Buat objek baru dengan nama score, lalu ambil event draw, dan didalamnya isikan action set font dan pilih font yang kita buat sebelumnya, lalu ambil action set the color, ini berfungsi untuk menentukan warna yang kelak kita gunakan pada score tersebut, disini saya mengambil warna putih karena score ini nanati akan diletakkan diatas object berwarna hitam, sebisa mungkin harus kontras dengan backround agar  fontnya terlihat jelas, karena disini font tidak memiliki outline, lalu ambil action draw value of score, isikan x dengan 5 dan y dengan 0, dan jangan centang relative, ini agar posisi font itu nanti berada pada kordinat (5,0) pada room yang kita buat, dan terakhir ambil action set score caption, dan rubah menjadi don’t show pada score, ini agar score tidak muncul pada panel atas windows game kita.   


 
4.Setelah selesai membuat object score, selanjutnya kita buat object yang akan menjadi tempat kita mendapatkan score tersebut, dalam hal ini buka object bata pada tutorial sebelumnya, hal ini dikarenakan inti dari permainan bounce adalah meghancurkan seluruh bata dan menjadapatkan score dari sana, dan didalam event collesion to object ball, tambakan actionset the score relative to(kenapa relative?? Karena agar score tersebut bertambah setiap bola kita menghancurkan bata tersebut, dan sisikan sesaui dengan keinginan anda berapa score yang kita dapat setiap mengenai bata tersebut,

5.    Selanjutnya buka room yang kita buat sebelumnya, dan letakkan object score pada sudut kiri atas(sebenarnya bisa dimana saja sesuai dengan keinginan kita) dan hapus centang pada delet underlaying seperti yang dilingkari merah pada gambar dibawah ini, fungsinya agar ketika kita meletakkan suatu objek diatas objek lainnya, objek yang dibawah tidak secara otomatis terhapus. 

6.    Step membuat score telah ditambahkan anda bisa mengeceknya dengan menrun game ini, dibawah adalah gambar yang saya buat untuk tutorial ini.. terlihat dibagian pojok kanan atas terdapat score yang sebelumnya kita buat.,, 
7.    Beres dengan score saatnya membuat highscore room, yakni tempat dimana kita melihat score tertinggi dari game kita sebenarnya Game maker telah membuat action khusus untuk memanggil highscore, namun agar terlihat sedikit berbeda dan elit, kita bisa membuatnya sendiri tanpa harus membuka windows khusus seperti yang dibuat oleh game maker, pertama buat objek baru dengan nama highscore, lalu buat event draw dan tambahkan 2 action seperti pada saat membuat score yakni set font dan set color, dan disini kita akan sedikit mengetik GML, tenang saja, tidak terlalu rumit, ini hanya untuk mendraw highscore pada room tersebut, ambil action execute a piece of code dan ketik code …. draw_highscore(2,20,300,400) angka angka tersebut menunjukkan kordinat tempat meletakkan score itu nanti, anda bisa membuatnya sesaui kreasi anda dengan format(x1, y1, x2, y2) ini seperti kita mengambar persegi panjang pada bidang kordinat tertentu.  
8.    Dan inilah final stepnya, buat room baru dengan ukuran yang sama dengan room sebelumnya, lalu letakkan objek highscore pada room tersebut,dan untuk mencobanya karena dalam game ini sistemny belum dibuat agar langsung mengrun highscore maka naikkan room ini diatas room yang pertama, lalu run untuk melihat hasilnya
Dan wala wala anda telah memiliki room khusus untuk tempat melihat highscore, ini bisa anda padukan pada tutorial main menu sebelumnya untuk memanggil room khusus hishcore ini,

Selamat, Anda telah menyelsaikan sebuah sistem sederhana namun sangat besar fungsinya bagi game anda, dan seperti yang saya bilang sebelumnya, kreatifitas adalah kunci utama dalam membuat game, so persiapkan diri anda dengan tutorial lainnya dari blog ini,…

No comments:

Post a Comment