English French German Spain Italian Russian Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Thursday, March 8, 2012

MEMBUAT GAME MAZE SEDERHANA DENGAN GAME MAKER

GAME  MAKER  8.0 TUTORIAL
MEMBUAT GAME MAZE SEDERHANA
By redho f.p(virtuastudios)

Maze, yap game ini merupakan jenis game yang membutuhkan ketangkasan kita dalam menentukan jalan yang tepat untuk menyelsaikan suatu level, game jenis ini memang sederhana, namun bisa cukup adikitif, jika kita mampu meramunya dengan lebih kreatif, dan menambahkan berbagai elemen pendukung didalam game ini.
Dan sampai sekarang pun, maze tetap digunakan pada game game modern, lihat saja berbagai dungeon yang ada diberbagai game rpg, atau maze maze remuit nan megah di berbagai game platform 3d yang sering kita temui saat ini,
Yap begitulah, maze memang menjadi ciri khas, dan memiliki tantangan tersendiri dan akan selalu digunakan diberbagai jenis genre game dikemudian harinya, nah pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan bagai mana cara membuat game maze sederhana dengan menggunakan authoring tool kesayangan kita…
 
1.       Seperti biasa, buka program game maker
2.       Setelah itu buat 3 objek utama yang akan menjadi elemen penting dalam game jenis ini, yaitu diding, karakter dan objek finish tempat tujuan akhir dari game ini, jangan lupa untuk meletakkan origin pada center agar memudahkan kita dalam mapping kelak.
3.       Sedikit tutorial membuat diding yang bagus dari saya, pertama buka sprite editor, lalu buatlah sprite dengan ukuran 32 * 32 lalu beri warna abu abu untuk menegaskan itu adalah sebuah dinding, lalu pada menu image pilih buttonize, dan atur bentuknya sesuai dengan kebutuhan anda, dengan opacity sebagai terang tidaknya shape dinding, thickness untuk mengatur ketebalan shape dan smooth agar dinding terlihat lebih lembut pad shapenya.
4.       Selesai dengan sprite, saatnya beralih ke objek, pertama buatlah objek dinding, dengan mencentang visible dan solid, lalu buatlah objek finish seperti pada gambar dibawah ini, buatlah event collesion to objek char, lalu pada action buatlah action if next room exists dan selanjutnya action go ton next room, kedua action ini berfungsi jika ada room selnajutnya pada game ketika char menyentuh objek finish maka lanjut ke room atau level selanjutnya, lalu buat action else dan ection restart the game, kedua action terakhir ini berguna agar ketika tidak ada room selanjutnya dalam game kita, maka permainan akan diulang kembali ketika objek char menyentuh objek finish.
5.       Selanjutnya kita membuat objek char yang akan menjadi karakter yang akan kita mainkan dalam game ini, pertama buat event collesion to object dinding, dan isikan action move fixed dan pilih direction center dan speed 8 seperti pada gambar dibawah ini.
6.       Lalu buat event keyboard no keys, isikan action grid dengan configurasi snap hor 32, dan snap ver 32, maksud dari action ini untuk menentukan gerakan dari karakter kita yang akan bergerak pada grid 32 * 32 selanjutnya buat action move fixed sama seperti sebelumnya, lalu buat 4 keyboard event  yaitu left, right, down, dan up isikan keempatnya dengan event check grid seperti sebelumnya, dan isikan juga dengan action move fixed namun dengan driection sesuai dengan masing masing event dan speed menjadi 4, fungsi dari action ini agar karakter kita bergerak sesuai dengan tombol yang kita tekan.
7.       Selanjutnya bagaian terakhir yakni membuat roomnya, seperti yang saya katakan sebelumnya, elemen penting dari game genre ini adalah mapping mazenya , pertama buatlah room dengan lebar 640 * 480 selanjutnya susunlah objek dinding yang mengitari seluruh room seperti pada gambar dibawah ini. Ini berfungsi agar karkter kita terbatas dan tidak bisa keluar room yang tidak masuk dalam area game kita.
8.       Letakkan kedua objek yang juga elemen utama dari game ini yaitu objek char dan finish, sebisa mungkin buat kedua objek ini berjauhan agar gameplay bisa lebih lama dan menantang sesuai dengan kreasi anda,
9.       Dan terakhir saatnya membuat mazenya,  buatlah serandom mungkin posisi dari maze tersebut agar permainan menjadi lebih menantang dan sulit untuk diselsaikan seperti pada gambar dibawah ini.

10.   Dan wala wala anda telah menyelsaikan satu lagi tutorial game sederhana yang dapat anda buat di game maker tekan run untuk menjalankan gamenya, dibawah adalah contoh dari game yang saya buat untuk tutorial ini.






 
donwload file gmknya di http://www.mediafire.com/?iu3vquzubh5iz85

Nah menyenangkan bukan?? Kreasi tanpa batas dan imajinasi anda adalah senjata utama dalam membuat game, jadi teruslah berimajinasi,
Memang  masih banyak elemen tambahan yang dapat kita tambahkan dalam game genre ini, seperti musuh, jebakan, poin, bonus, dan lain sebagianya, itu akan saya jelaskan pada tutorial selanjutnya, so siapkan diri anda.. dan  terus kunjungi :

untuk mendownload game game buatan kami…
dan like juga fanspage kami difacebook..

selamat berkarya…



1 comment: